Kamis, 20 Oktober 2016

Doa dan Sikap yang Perlu Anda Lakukan agar Hati Tenang



Agar hati tenang – Hati tenang akan membuat hidup Anda terasa bahagia dan tentram. Sebaliknya, jika hati Anda tidak tenang dan merasa gelisah maka Anda akan hidup dalam ketidakbahagiaan. Setiap orang pasti menginginkan hati dan pikiran tenang agar hidup bahagia, bukan? Namun, dalam kenyataannya mewujudkan agar hati tenang tidaklah selalu mudah, apalagi dalam hidup kerap bersinggungan dengan berbagai masalah yang rentan menimbulkan hati merasa kecewa, takut, marah, gelisah, dan sebagainya.

Beberapa orang akan berpikir pesimis dalam mewujudkan hati tenang seiring dengan berbagai masalah yang tengah mereka hadapi. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki karakter kuat dalam beragama, mereka selalu memiliki cara yang akan dilakukan agar hati tenang, salah satunya dengan membaca beberapa doa dan melakukan beberapa sikap positif dalam hidup keseharian.

Bagi Anda yang saat ini sedang merasa kacau, gelisah, dan hati tidak tenang, janganlah khawatir karena berikut ini ada beberapa tips agar hati tenang yang dapat membantu Anda dalam mewujudkan hidup lebih berkualitas.

Cara agar hati tenang dengan berdoa

Dalam ajaran Islam, ada beberapa doa yang dapat membantu Anda agar hati tenang dan bahagia. Bagi Anda yang saat ini sedang bersedih, gelisah, kecewa maka Anda dapat membaca beberapa doa berikut ini agar hati tenang.
  1. “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridha dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."
  2. “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”
  3. "Ya Allah, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir."


Cara agar hati tenang dengan menjaga sikap hidup lebih positif

1. Rajin shalat

Shalat merupakan cara ampuh agar hati tenang yang dapat Anda lakukan setiap hari. Kedekatan dan komunikasi Anda dengan Allah Swt. akan terbangun dengan baik melalui shalat yang khusyuk sehingga Anda dapat merasakan ketenangan hati dan pikiran. 
“Hanya kepada-Mu lah kami menyembah, dan hanya kepada-Mu lah kami meminta pertolongan.” (Q.S. Al-Fatihah : 5)

2. Membaca Alquran

Memiliki kebiasaaan membaca, mendengarkan, sekaligus mengamalkan Alquran dalam hidup sehari-hari tentu sangat bermanfaat agar hati tenang. Jadi, membaca, meresapi, memahami, serta memaknai firman Allah Swt. dalam Alquran merupakan obat paling manjur dalam membawa ketenangan baik lahir maupun batin.
Allah Swt. berfirman yang artinya:
“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al-Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpin pun.” (Q. S. Az Zumar : 23).

3. Berdzikir

Cara agar hati tenang yang berikutnya adalah dengan selalu mengingat Allah Swt. dalam setiap langkah dan pikiran Anda sehari-hari, yaitu dengan berdzikir. Di antaranya, Anda dapat berdizikir dengan melafalkan “La haula wala quwwata illa billah” (Tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah) dan “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil” (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung).
Allah Swt.berfirman yang artinya:
“Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tenteram.” (Q. S Ar-Ra’du : 28).

4. Selalu bersyukur

Selalu bersyukur dalam segala kondisi, baik senang atau sedih, baik untung atau malang adalah salah satu cara agar hati tenang. Dengan banyak bersyukur maka Anda akan menyadari bahwa apa yang Anda miliki adalah milik Allah Swt. dan bukti kebaikan-Nya sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa hidup Anda akan selalu diberikan nikmat oleh-Nya.

5. Selalu bersabar

Bersabar juga menjadi cara agar hati tenang. Jika masalah hidup sedang melanda, Anda tidak perlu sedih ataupun marah secara berlebihan. Anda patut bersabar dengan disertai keyakinan bahwa Allah Swt. akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah hidup sehingga Anda akan menjalani hidup dengan lebih tenang.

6. Menjaga tali silaturahmi

Menjaga silaturahmi dengan sesama adalah hal wajib yang dilakukan agar hati tenang. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan sesama maka Anda akan jauh dari pertikaian, perselisihan, pertengkaran sehingga hidup Anda akan menjadi lebih tenang dan bahagia. Nabi Muhammad Saw. bersabda yang artinya:
“Barangsiapa menjamin untukku satu perkara, aku jamin untuknya empat perkara. Hendaklah dia bersilaturahim (menjalinkan hubungan baik) nescaya keluarganya akan mencintainya, diperluas baginya rezeki, ditambah umurnya dan Allah SWT memasukkan ke dalam surga.”(H. R. Ar-Rabii).

Demikian beberapa cara agar hati tenang yang dapat  Anda lakukan, baik dalam membaca beberapa doa ataupun menjaga sikap hidup dala hidup sehari-hari. Anda dapat melengkapi usaha tersebut dengan mengikuti  Pelatihan Master Penghusada (MPh) dari Bioenergi Center yang akan membantu Anda dalam mewujudkan agar hati tenang sehingga hidup Anda menjadi lebih sehat, sukses, dan bahagia. Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Pelatihan MPh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar