Rabu, 19 Oktober 2016

Tips Bisnis Antigagal bagi Pemula



Tips bisnis - Membangun bisnis menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk mencapai kesuksesan. Bahkan, sekarang ini banyak orang yang nihil dalam pengalaman bisnis mencoba peruntungannya dengan membuka bisnis. Bagi seorang pemula, Anda perlu lebih bekerja keras sekaligus belajar untuk memulai bisnis. Semua butuh proses untuk mencapai hasil yang maksimal. Kegagalan demi kegagalan itu hal yang wajar. Anda perlu mengevaluasi dan memperbaiki kesalahan dari kegagalan tersebut untuk mencapai keberhasilan. Tidak ada satu pun bisnis di dunia ini yang menjamin kesuksesan secara instan. Seorang pengusaha terkenal dunia seperti Bill Gates, Robert T. Kiyosaki, dan Mark Zuckerberg tidak semata-mata langsung merasakan kesukesan. Mereka meniti bisnis dari awal, dari kecil, hingga besar seperti sekarang ini.

Lalu, bagaimana Anda? Apakah Anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses? Ya, meski Anda seorang pemula yang nol dalam pengalaman bisnis, asalkan Anda memiliki tips bisnis jitu antigagal berikut ini maka niscaya kesuksesan bisnis pun akan juga menjadi milik Anda kelak.

1. Mulai dengan bisnis rumahan atau skala kecil

Bagi Anda yang seorang pemula, Anda bisa memulai bisnis dalam skala kecil terlebih dahulu sambil test market. Anda bisa menjadi reseller dengan sistem dropshipper terlebih dahulu atau Anda mengambil produk dagangan dari supplier yang dapat dipercaya. Setelah Anda menjalankan bisnis, Anda evaluasi keuntungan dan kerugian, lalu perbaiki. Ulangi hal ini hingga bisnis Anda menjadi lebih maju dan berkembang sehingga tidak mustahil bisnis rumahan milik Anda akan berubah menjadi perusahaan besar. Hal ini merupakan salah satu  tips bisnis bagi pemula yang cukup aman karena Anda tidak diharuskan mengeluarkan banyak modal.

2. Pilih jenis bisnis yang tepat

Tips bisnis yang perlu Anda lakukan sebagai pengusaha pemula adalah Anda perlu memperhatikan jenis bisnis yang akan Anda geluti. Anda harus memilih jenis bisnis yang tepat sesuai dengan kemampuan, kemauan, hobi Anda dan memiliki prospek pasar yang bagus. Selain itu, upayakan Anda bisa memilih bisnis yang tidak banyak saingannya, namun memiliki prospek pasar yang besar. Anda juga diharapkan untuk terus berpikir kreatif untuk menciptakan ide bisnis yang brilian. Bisnis dengan ide menarik dan tidak ada saingan tentu memiliki peluang kesukesan yang cukup besar.

3. Langsung terjun 

Ide sebesar apapun sama saja tidak ada nilainya jika tidak diwujudkan. Tips bisnis berikutnya adalah untuk langsung mengeksekusi rencana atas ide bisnis yang sudah Anda miliki. Kelola dan terus kembangkan bisnis Anda dengan selalu bekerja keras dan mau belajar. Belajarlah dari kegagalan yang Anda temui di lapangan saat Anda berproses membangun bisnis. Anda juga perlu belajar dari pengalaman orang-orang yang lebih dulu sukses agar dapat membantu Anda memberikan arahan bagaimana mencapai kesuksesan bisnis.

4. Jual produk berkualitas

Nilai plus dari produk yang Anda jual juga sangat menentukan kesuksesan bisnis Anda kelak. Agar Anda mampu bersaing dengan produk lainnya maka Anda harus menjual produk yang benar-benar berkualitas dengan harga yang pantas dan tidak menipu pembeli. Bagi beberapa pembeli merasa tidak masalah membeli produk dengan harga mahal jika produk yang Anda tawarkan memenuhi kebutuhan mereka. Hal ini juga merupakan Tips bisnis yang perlu Anda perhatikan.

5. Utamakan kepuasan pembeli

Pembeli adalah raja merupakan slogan bagi seorang pebisnis yang ingin maju dengan menghargai para pembelinya. Selain memberikan produk yang berkualitas, Anda juga wajib memberikan layanan yang baik bagi pembeli. Cara ini dapat menjadi promosi gratis bagi Anda. Para pembeli yang merasa puas telah bekerja sama dengan Anda pasti akan mereferensikan toko atau produk Anda kepada teman, saudara, atau orang-orang terdekatnya. Dengan begitu, memberikan layanan prima kepada pelanggan juga menjadi salah satu tips bisnis agar sukses.

6. Lakukan promosi

Melakukan promosi yang efektif adalah salah satu tips bisnis yang wajib Anda lakukan. Anda bisa mempromosikan produk yang Anda jual melalui berbagai media, seperti media cetak (surat kabar, majalah, brosur, dll), media SMS atau BBM broadcast, dan media online (facebook, instagram, twitter). Cara ini danggap cukup efektif untuk menarik konsumen kepada Anda.

7. Jalin komunikasi dan kerja sama yang baik

Bagi seorang pemula, Anda wajib memiliki kemampuan komunikasi dan bisa menjalin kerja sama yang baik dengan rekan kerja atau konsumen Anda. Hal ini juga menjadi salah satu tips bisnis agar cepat sukes. Dengan memiliki kemampuan komunikasi dan kerja sama yang baik maka Anda lebih mudah untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

Demikian beberapa tips bisnis antigagal yang penting bagi pemula ataupun bagi Anda yang sudah memulai bisnis, namun kerap gagal. Jika Anda sudah menerapkan beberapa atau semua tips di atas, namun bisnis Anda masih saja stagnan bahkan malah terlihat merugi maka sebaiknya Anda segera melakukan  tips yang terakhir, yaitu dengan mengikuti Pelatihan Master Penghusada  (MPh) dari Bioenergi Center yang akan membantu Anda menjadikan kegagalan bisnis menjadi keberhasilan dan meningkatkan bisnis Anda hingga mencapai kesuksesan. Informasi selengkapnya silakan klik manfaat Pelatihan MPh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar